pacaran islami, pernikahan islami pacaran islami, pernikahan islami pacaran islami, pernikahan islami pacaran islami, pernikahan islami
Pernikahan, suatu peristiwa fitrah, fiqyah, dakwah, tarbiyah, sosial dan budaya
  Halaman Depan
  Buku Nikah
  Proposal Nikah
  Referensi Nikah
  Buletin Nikah
  Busana Nikah
  Pacaran Islami ?
  Buku Tamu
  Tentang Saya

Promosi

citra-indah.com
citraindahbogor.com
citraindahcibubur.net
citragranciputra.com
citragrand.net
citracibubur.com
rumahcibubur.net
tentang-pernikahan.com

 
 
 

Versi cetak - Dibaca 4261 kali

Apa Yang Mesti Dilakukan Setelah Dikhitbah?

Karya : Ummu Ghaida Muthmainnah (direktur Muslimah Center)

 

tentang-pernikahan.com - Pertanyaan : Teteh yang saya hormati, saya seorang ukhti yang sudah dikhitbah dan Insya Allah ikhwan yang mengkhitbah saya adalah orang yang shaleh. Dan, sebentar lagi kami akan menikah. Dalam posisi saya seperti ini (telah dikhitbah) apa yang harus dilakukan? Batasan2 seperti apa agar kami tidak terjerat godaan syetan?

Salam
Ukhti di Jakarta

Jawaban :
Ukhti yang baik, sebuah kebahagiaan terbesar bagi seorang akhwat apabila dirinya telah dikhitbah oleh seorang ikhwan. Apalagi ikhwan yang mengkhitbah Ukhti adalah orang yang shaleh.

Sebenarnya banyak yang harus dilakukan, diantaranya, saat ini Ukhti dapat mempersiapkan diri untuk menerima hal yang terburuk dahulu. Misalnya dia mengurungkan niatnya atau ikhwan yang mengkhitbah Ukhti ternyata bukan jodoh Ukhti saat ini. Hal itu bisa saja terjadi kalau memang Allah berkehendak. Intinya. Ukhti harus mempersiapkan mental sebaik mungkin untuk menghadapi segala sesuatu yang terjadi nanti. Akan tetapi, Teteh mendoakan semoga orang yang mengkhitbah Ukhti saat ini adalah orang yang terbaik yang Allah kirimkan.

Ada beberapa hal yang perlu Ukhti lakukan. Pertama, siapkan ruh. Kita harus selalu bertawakal, memasrahkan diri, dan selalu berdoa untuk meminta yang terbaik kepada Allah, baik itu calon suami terbaik, kehidupan yang terbaik dikemudian hari, dll.
Kedua, kesiapan ilmu. Ilmu harus disiapkan dengan sangat baik supaya kita mengenal batasan2 yang harus dipatuhi oleh seorang akhwat dan ikhwan yang belum menikah, supaya tidak terjerat godaan syetan. Godaan syetan dapat menjerumuskan manusia pada kemaksiatan. Hal ini akan menyebabkan pernikahan kita tidak berkah (tidak mendapat ridho Allah SWT) begitu pula kesiapan ilmu tentang masa depan, ketika Ukhti sudah menikah dengan calon suami Ukhti, yaitu ilmu mengenai membangun keluarga yang sakinah, mawaddah wa rahmah ( rumah tangga yang di ridhoi oleh Allah, penuh ketenangan, kasih dan sayang).

Ketiga, kesiapan ekonomi. Hal ini perlu karena materi dibutuhkan untuk masa depan rumah tangga dan masa depan anak cucu kita dikemudian hari.

Semoga Ukhti bisa mempersiapkan hal-hal yang Teteh sebutkan dan semoga Allah SWT melindungi Ukhti dan selalu memberikan yang terbaik serta

kebahagiaan.
Amiin.


Komentar-komentar :

 gita - palembang
saya pernah mendesak seorang ikhwan untuk menikahi saya, dan saya kecewa ternyata ia tidak se"macho" perkataannya. saat ditantang membicarakan topik pernikahan, ia langsung ciut nyalinya. dengan alasan belum siap finansiallah dan sebagainya, padahal menurut saya, jika memang niatnya sudah bulat untuk menikahi saya masalah keuangan dan apapun itu tridak jadi masalah. toh tuhan akan tetap memberikan rizki jika itu memang rizki kita (malah Dia akan melapangkannya). menurut saya, mamang beca, tukang ojek, penjual siomay juga boleh dibilang (maaf) rizkinya pas-pasan tapi toh mereka berani saja buat menikah. memeangnya siapa yang bertanggung jawab atas rezeki saya? bersuami atau tidak kalau nanti saya ditakdirkan untuk hidup senag ya akan hidup senang. tak ada hubungannya dengan menikah.
masalah takut membiayai itu adalah alasan laki-laki yang takut (pengecut) menghadapi pernikahan.
ini sekedar komentar, setuju syukur... gak setuju juga gpp.
thanks..

 nunk - pekalongan
Aww..
membaca komentar mbak gita, keliatannya mbak gita dalam keadaan emosi. memang benar, rezeki ada ditangan Tuhan, tp harus dipersiapkan jg kondisi2 yg membuat kita mudah meraih rezeki. itu yg pertama, yg kedua mbak gita harus tabayun, knp ikhwan yg dimaksud bisa spt itu. mungkin ada sebab2 lainnya yg membuat ikhwan tsb menunda/menangguhkan. jadi, intinya cari informasi lengkapnya dulu, dan klo dah tau penyebabnya jgn terus menyalahkan tp lebih ke menolong mengatasi. mungkin itu komentar dari saya. afwan klo ada kata2 yg salah.
www...

 marul - sampit
setuju banget banget deh, ana pernah tuh ngerasain, bedanya dia alasan lain tuh. tapi yah namanya bukannya jodoh, bersyukurlah karena Allah tidak menjodohkan qt dgn dia, klo nggak gimana ntar rumah tangganya???

 ukhtifillah - semarang
saya juga sekarang ini dalam posisi yang sama, tadinya c sering telp dan sms sedangkan rencana menikah baru dilaksanakan 3 bulan InsyaAllah, untuk meghindari perbuatan yang melibatkan hati sebelum waktunya kita berkomitmen untuk tidak berkomunikasi dulu sampai hari H wlpn tdk bisa spnhnya untk dihindari...bismillah semoga Allah meridhoi sy hnya bisa menyerahkan urusan kpd Allah Ta'ala

 

Nyumbang komentar ?

Nama

Email

Untuk photo silahkan register di gravatar

Domisili

Komentar

:

 

 :  CAPTCHA Image

 

 :    Reload Image

Artikel sebelumnya ....

 Doakan Pernikahan Kami Hingga Ke Sorga

 Pentingnya Ilmu Dalam Pernikahan

 Surat Cinta Dari Sang Kekasih

 Pernikahan Tempat Bermuaranya Cinta

 Bertukar Biodata Di Masa Taaruf; Perlukah ?

 9 Gadis Yang Tidak Dinikahi Lelaki

 Sms Merah Muda

 Jodoh : Antara Harapan Dan Kenyataan

 Suami Pilihan

 Pacaran Islami, Ngapusi !!!




~ Website-nya cerpen & artikel pernikahan islami serta pacaran islami (emang ada?) ~

Hak cipta selamanya oleh Allah Subhanahu wa Ta'ala

Semua materi dapat disalin, dicetak dan disebarkan (syukur-syukur ...) dengan mencantumkan sumber situs web ini

Pujian, masukan, krititikan, cacian, hujatan : aa_aanang [at] yahoo [dot] com

Sponsored by : citra-indah.com - citraindahbogor.com - citragranciptra.com Kota Nuansa Alam Timur Cibubur Rumah Idaman Mulai 93 Juta