pacaran islami, pernikahan islami pacaran islami, pernikahan islami pacaran islami, pernikahan islami pacaran islami, pernikahan islami
Pernikahan, suatu peristiwa fitrah, fiqyah, dakwah, tarbiyah, sosial dan budaya
  Halaman Depan
  Buku Nikah
  Proposal Nikah
  Referensi Nikah
  Buletin Nikah
  Busana Nikah
  Pacaran Islami ?
  Buku Tamu
  Tentang Saya

Promosi

citra-indah.com
citraindahbogor.com
citraindahcibubur.net
citragranciputra.com
citragrand.net
citracibubur.com
rumahcibubur.net
tentang-pernikahan.com

 
 
 

Versi cetak - Dibaca 40693 kali

5 Pilar Keluarga Sakinah

Karya : Agussyafii

 

tentang-pernikahan.com - 5 pilar keluarga Sakinah

masyarakat adalah cerminan kondisi keleuarga, jika keluarga sehat berarti masyarakatnya juga sehat. Jika keluarga bahagia berarti masyarakatnya juga bahagia. Ada 5 pilar untuk membentuk keluarga sakinah diantaranya sebagai berikut.

1. Dalam keluarga itu ada mawaddah dan rahmah (Q/30:21). Mawaddah adalah jenis cinta membara, yang menggebu-gebu dan "nggemesi", sedangkan rahmah adalah jenis cinta yang lembut, siap berkorban dan siap melindungi kepada yang dicintai. Mawaddah saja kurang menjamin kelangsungan rumah tangga, sebaliknya, rahmah, lama kelamaan menumbuhkan mawaddah.

2. Hubungan antara suami isteri harus atas dasar saling membutuhkan, seperti pakaian dan yang memakainya (hunna libasun lakum wa antum libasun lahunna, Q/2:187). Fungsi pakaian ada tiga, yaitu
(a) menutup aurat,
(b) melindungi diri dari panas dingin, dan
(c) perhiasan.
Suami terhadap isteri dan sebaliknya harus menfungsikan diri dalam tiga hal tersebut. Jika isteri mempunyai suatu kekurangan, suami tidak menceriterakan kepada orang lain, begitu juga sebaliknya. Jika isteri sakit, suami segera mencari obat atau membawa ke dokter, begitu juga sebaliknya. Isteri harus selalu tampil membanggakan suami, suami juga harus tampil membanggakan isteri, jangan terbalik di luaran tampil menarik orang banyak, di rumah "nglombrot" menyebalkan.

3. Suami isteri dalam bergaul memperhatikan hal-hal yang secara sosial dianggap patut (ma`ruf), tidak asal benar dan hak, Wa`a syiruhunna bil ma`ruf (Q/4:19). Besarnya mahar, nafkah, cara bergaul dan sebagainya harus memperhatikan nilai-nilai ma`ruf. Hal ini terutama harus diperhatikan oleh suami isteri yang berasal dari kultur yang menyolok perbedaannya.

4. Menurut hadis Nabi, pilar keluarga sakinah itu ada empat (idza aradallohu bi ahli baitin khoiran dst);
(a) memiliki kecenderungan kepada agama,
(b) yang muda menghormati yang tua dan yang tua menyayangi yang muda,
(c) sederhana dalam belanja,
(d) santun dalam bergaul dan
(e) selalu introspeksi.

5. Menurut hadis Nabi juga, empat hal akan menjadi faktor yang mendatangkan kebahagiaan keluarga (arba`un min sa`adat al mar'i), yakni
(a) suami / isteri yang setia (saleh/salehah),
(b) anak-anak
yang berbakti,
(c) lingkungan sosial yang sehat , dan
(d) dekat rizkinya.

Wassalam,
agussyafii


Komentar-komentar :

 Dian - Jakarta
insayallah aku bisa menbentuk keluarga yang sakinah mawaddah warahma dan taqwa

 Ray_80 - Malang
Al-hmdulillah ana dapt 'ilmu dari artikel ini.semoga bisa bermanf'at Amin

 icha - Perawang - Pekanbaru riau
Doakan ya Kami bisa membangun keluarga yang sakinah,karna kami baru aja nikah

 muhidayat - solo
alhamdulillah qt mendapat ilmu tentang membentuk keluarga sakinah

 andrie - ciamis
mudah mudahan artikel ini berguna bagi yang memulai mengrungi bahtera rumah tangga amin!!!!!

 tri - jakarta
syukron katsiron, berkat artikel2 ini pengetahun tentang keluarga sakinah ana bertambah...

 luky - boyolali
Ass,thanks tas artklnya.mg q bsa bntk kel yg sakinah

 Nana - palopo
trima kasih atas sarannya dalam membentuk keluarga yang sakinah, semoga dapat bermanfaat untuk qta semuanya

 purwanti - klaten
Semoga keluarga yg kami bina jadi keluarga sakinah mawadah....Aminn

 Heru - Makassar
Trim's ilmu aq jd ber+ and mudah2 aq bisa membentuk keluarga yg sakinah... Amin........

 fai - demak
keluarga sakinah menjadi idaman setiap insan namun dalm menjalaninya tidak semudah teori atau konsep dalam islam yang terpenting kita selalu sabar dan tabah serta mau menerima apa adanya dari setip pasangan. kuat dalm menjalani cobaan hidup.

 ridwan - jakarta
kami memnta kepada tim tentang-pernikahan untuk terus menulis tetang bagaimana/ kiat2 apa yang terbaik untuk membentuk keluarga yang sakinah.

 Fahri Eka Ramadhan - Surabaya
Trikasih kepada teman2 yang gemar membagi ilmu, artikel ini sangat bermanfaat bagi kami pasangan baru, semoga artikel ini dibaca semua teman2 yang lain dan menjadi bermanfaat bagi kawan2 yang lain dan oleh Allah SWT Dihitung sebagai amalan yang tiada terputus, Aminn....

 Habibah Aisya - Surabaya
ehm..ehm.. Suamiku rek.. maksudnya "Trimakasih" ya Bi..?
maaf ya mas Agusyafii..
Suamiku.. Aku senantiasa mendukungmu hingga akhir waktu untuk membentuk kluarga sakinah kita. Aku sangat mencintaimu, luar biasa Allah memngirim sampeyan Sayang...
mas syafii ngapunten numpang nyapa suami. mudah2an ilmunya bermanfaat ya mas..

 Anik Ernawati - nganjuk
iya, ajib banget mas agus nich, artikelnya megang banget buat pedoman suami istri,
aminnnn rama sm aisya ych?
hey sobatku aku doakan kelian menjadi pasangan yang mawaddahtawwarohmah, doakan aku cepet nyusul yach..
nikah kok g ngundang-ngundang sich..?

 aam - thegal
insaallah, pasti bisa.......
cemangadz........

 adi - pontianak
buGUS BANGET mas jadi bisa belajarni dari sekarang bagaimana membangun keluarganantinya. walau ane juga belum nikah sih...
paling tidak ane tau o begituya..........

 dedi&laely - lampung
ya,,ya,,,yaaa
bagi yang belum pada nikah ayao pada segera nikah.....?
dipraktekin yuuukkkkkkk,,,

 Asep - Bandung
Jd ngerti nech pilar2 utk menuju keluarga sakinah
Wassalam,
Asep
http://tinyurl.com/dcw39x
http://tinyurl.com/cgnwa8

 zaenal - bogor
artikel ini bisa dijadikan salah satu fondasi dalam membina rumah tangga

 Ardian Yuli Setyanto - Jogja
Kalau menurut ustadz sih tips agar bisa sakinah diantaranya:
# Nasihat bagi suami di dalam memberikan pendidikan bagi sang istri
# Anjuran bagi suami-istri untuk mengucapkan kata-kata yang baik dan indah
alhamdulillah aku ada rekaman kajiannya, bisa disimak di blog ane, jazakallah khairan.
http://www.ilmoe.com/

 susanto - solo
makasih atas artikelnya, tuk smua do'akan saya agar menjadi seorang suami yang bisa membawa keluarga menuju keluarga yang sakinah, mawaddah dan warohmah,amin

 mastoni - indramayu
klg sakinah menjadi impian setiap klg didunia ini makasih atasss ilmonya mg klgku jadi saakinah juga

 niar - boyolali
alhamdulillah....

InsyaALLAH artikelnya bermanfaat dan mendatangkan pahala

 adi setiawan - bandung
manyus buanget mksh aku jd tau pilar-pilar untuk menjadi keluarga sakinah semoga kalo punya istri kelak keluarga sakinah bisa tercipta.

 Ina - Langsa, Aceh
Alhmdllh.. Insyaallh saya akn menjadi istri yg baik dan bs mebentuk keluarga yg sakinah.. Amin

 desi - pekanbaru
thanks mas ilmunya..insyaALLAH bermanfaat u keluarga kecil kami

 agus - makssar5
hioduuuuuuuuuuuup sakinaaaaaaah................

 widiyanto - klaten
subhanallah seandainya aku bisa menerapkan dalam keluargaku, bagi para pembaca tolong deh kasih aku saran buat aku agar aku dapat membangun sebuah rumah tangga yang bahagia sakinah mawadah warohmah, aku seorang suami yang sedang bekerja keras untuk membangun rumah tangga yang sakinah mawadah warohmah,

 mie rha - bekasi
wawasan aku jadi ber+ nih sehabis baca artikel d atas...
makasih ya .. aku jega pengen bgt jadi keluarga yang sakinah mawadah dan rahmah..semoga setalah aku baca artikel d atas..keluarga aku menjadi keluarga sakinah mawadah dan rahmah...amien ya allah.....

 mulyana - jakarta
Artikelnya lumayan bagus sebagai referensi untuk membentuk keluarga sakinah

 Pino - Samarnda
Terimakasih, do'akan smoga keluarga kecilku juga bisa begitu.

 abi qafas - Bojonegoro
Indah sekali yaa keluarga sakinah, mudah-mudahan Allah SWT memberikan kita keluarga sakinah. Amin

 rara veriska - malang
semoga keluarga sakinah bisa terjadi padaku keluarga kecilku
salam buat mas nuri hiiiiiiiiiiii sekalian prromo di internet

 abdul - semarang
semoga kita termasuk orang-orang yang diberi kemampuan membina keluarga sakinah amin

 dani - bandung
artikelnya bagus jadi ana nambah ilmu

 Bagus - Sidoarjo
Keluarga sakinah akan terbentuk jika suami istri tetap setia, jujur dan tidak menyembunyikan apapun dari pasangannya bahkan masa lalunya sekalipun.

 nana - medan
Alhamdulilah thanks ya mas syafii semoga ana & suami bisa menerapkan keluarga sakinah & warahma......biar pun kami baru 7 bulan berumah tangga tapi saya sangat bersyukur mendapat kan suami sangat baik

 amsori - aceh
Alhamdulillah subhanallah semoga Allah membantu kita semua melancarkan dan membentuk cita cita kita menjadi keluarga yang sakinah. Terimaksih bang atas berbagi ilmunya semoga Allah semakin mengkayakan kita dengan pengetahuan-Nya amiiiin

 Ummi zalfa - Jayapura
Artikel sederhana tp sarat sejuta makna.smg mas agus tetap istiqomah utk menulis dan brbagi ilmu.Buat para istri,tetap semangat ya!smg rmh tangga kta bs merenda jln kesurgANya.Buat abi zalfa dan dedek,umi mencintai kalian krn Allah SWT,smg rmh kta bs mjd BAITIJANNATI.amiin

 Nur Ardiyanty - Parepare Sul sel
Insya Allah, itu bisa diterapkan. Hingga kita bisa membentuk Keluaga Sakinah Mawaddah Warahmah. Sehingga Dunia pun terasa damai.

 Agus - majalengka
Bismilah.mudah2n saya bisa membangun rumahtangga yg sakinah mawadah warahmah...amien

 

Nyumbang komentar ?

Nama

Email

Untuk photo silahkan register di gravatar

Domisili

Komentar

:

 

 :  CAPTCHA Image

 

 :    Reload Image

Artikel sebelumnya ....

 Kemelut Rumah Tangga

 Jihad Seorang Istri

 Hadiah Cinta Untuk Melati

 Hal Yang Disukai Istri Dari Suaminya

 Kado Untuk Suamiku

 Menjadi Ratu

 Istri Yang Shaleha

 Merajut Cinta Di Bawah Ancaman Kematian

 Memikat Cinta

 Ketika Kutatap Wajah Istriku




~ Website-nya cerpen & artikel pernikahan islami serta pacaran islami (emang ada?) ~

Hak cipta selamanya oleh Allah Subhanahu wa Ta'ala

Semua materi dapat disalin, dicetak dan disebarkan (syukur-syukur ...) dengan mencantumkan sumber situs web ini

Pujian, masukan, krititikan, cacian, hujatan : aa_aanang [at] yahoo [dot] com

Sponsored by : citra-indah.com - citraindahbogor.com - citragranciptra.com Kota Nuansa Alam Timur Cibubur Rumah Idaman Mulai 93 Juta