pacaran islami, pernikahan islami pacaran islami, pernikahan islami pacaran islami, pernikahan islami pacaran islami, pernikahan islami
Pernikahan, suatu peristiwa fitrah, fiqyah, dakwah, tarbiyah, sosial dan budaya
  Halaman Depan
  Buku Nikah
  Proposal Nikah
  Referensi Nikah
  Buletin Nikah
  Busana Nikah
  Pacaran Islami ?
  Buku Tamu
  Tentang Saya

Promosi

citra-indah.com
citraindahbogor.com
citraindahcibubur.net
citragranciputra.com
citragrand.net
citracibubur.com
rumahcibubur.net
tentang-pernikahan.com

 
 
 

Versi cetak - Dibaca 12204 kali

Pernikahan Yang Sederhana

Karya : Asri Widiarti

 

tentang-pernikahan.com - Bulan Syawal identik dengan bulan pernikahan. Banyak pernikahan terjadi mengambil momen di bulan ini. Bagi saya menghadiri undangan pernikahan ibarat memperbarui kehidupan dan pernikahan saya sendiri. mengingat di masa belasan tahun lampau dan memperbanyak bersyukur karena Allah mengaruniai keberkahan dalam banyak sisi keluarga saya.

Setiap kali menghadiri undangan pernikahan, yang tampak di depan mata adalah sepasang pengantin yang dihias cantik, senyum orang tua, dekorasi indah dengan hiasan bunga-bunga, makanan yang berlimpah ruah disertai gubug aneka menu yang mengundang selera, pager ayu dan pager bagus yang muda dan cerah ceria, foto-foto pengantin yang dicetak besar dan memenuhi sisi-sisi gedung walimah, tamu undangan yang berdandan istimewa, kilatan cahaya kamera di sana-sini, senandung musik penghibur telinga dan sovenir mungil yang bisa jadi pengenang. Tak ada yang salah sebenarnya.

Toh semua juga berharap pernikahan adalah peristiwa yang mestinya terjadi hanya sekali dalam seumur hidupnya. Wajar kalau kemasan acaranya dibuat istimewa dan berbeda konsepnya dengan acara pernikahan yang sudah pernah ada.

Suatu saat saya mengikuti suami menghadiri pernikahan seseorang di luar kota. Subhanallah, jarang saya menjumpai pernikahan yang seperti ini. Begitu khidmat dan sederhana. Mereka memakai halaman samping sebuah masjid di kampung pengantin putri. Dengan bangku kecil yang dijajar, mereka membuat panggung untuk tempat pelaminan.

Di belakangnya adalah dekorasi yang dibuat oleh teman-teman mahasiswanya. Mereka memesan makanan kardus dari katering yang biasanya melayani makan anak kost di kota tempat mereka kuliah. tamu-tamu duduk sejajar, tak ada yang makan sambil berdiri. Mereka merasa setara karena tak ada yang dandan ngejreng dan kemilau perhiasan emas yang menarik. Pengantin diantar oleh becak ketika meninggalkan tempat acara dan pulang menuju rumah orang tua. Tak ada yang mubadzir. tak ada pula yang merasa tak dihormati, baik oleh tuan rumah atau oleh sesama tamu yang datang.

Pernikahan adalah ibadah. Sesungguhnya Rasulullah saw pun pernah berpesan agar pernikahan itu tak hanya mengundang tamu orang kaya dan melupakan yang miskin. Sehingga, sesungguhnya pernikahan bukanlah ajang menampakkan gengsi dan kesuksesan seseorang karena kemilaunya acara pernikahn yang ia selenggarakan. Bahkan ada yang menunda pernikahan karena mengumpulkan dana untuk menyelenggarakan pernikahan yang istimewa.

Bukankah menunda pernikahan tanpa waktu yang tegas justru akan memungkinkan datangnya fitnah?

Pernikahan juga bukan ladang bisnis bagi penyelenggaranya. dhitung modalnya sekian dan balik modal dari sumbangan yang datang dari para undangan mestinya sekian. Terkadang sempat terfikir di benak orang tua saat menikahkan anaknya adalah saat ia mengumpulkan lagi sumbangan yang pernah ia berikan ke orang tua yang terdahulu menikahkan anaknya. Bukankah Islam mengajari kita untuk berfikir ikhlas, bertindak dan berkata dengan ikhlas juga?

Maka, menjasederhana...dikan pernikahan sebagai satu ibadah yang tidak memberatkan mestinya adalah keniscayaan. Wajar bila orang tua ingin memuliakan para tamu, wajar pula orang tua ingin menampakkan keindahan dalam setiap jenak kehidupan anaknya. Tetapi itu tak mesti membuat

kita memicingkan mata ketika kita menghadiri pernikahan yang sederhana....

Sumber : www.eramuslim.com


Komentar-komentar :

 mey - depok
hidup nikah!!

 yie - yogya
asslmkm.....
insya allah ak mau nikah tahun depan, gimana ya ak bingung kalo ditanya kamu mau minta mahar apa? sebenarnya aku pingin banget jawab apapun yang diberikan dari calon suamiku insya allah aku terima asalkan tidak memberatkan kedua belah pihak. trus mengenai adat dikampungku itu banyak bangt tradisi. kl gak di jalanin tradisi itu ak takut jd bahan pembicaraan orang gmn ya untuk mengatasi masalah ini?

 cicHay - JAkarta
Ass,,,
Insyaallah taon depan aQ pgn Nikah,,,tp masih ragu ma calon aq
gmn ya,,,tolongin dunk,,,cari solusinya,,,,

 yie - yogja
wass...
shalat istikharah aj. insya allah dikasih petunjuk allah

 unie - Bogor
ukhti...indah sekali pernikahan yang ukhti ceritakan dan gambarkan rasanya rindu untuk dapat menggelar sebuah pernikahan yang sesuai dengan kesederhanaan Islam...
Ana pun selalu berharap suatu saat bisa menikah di mesjid di dekat rumah tempat ana dilahirkan dan dibesarkan, mesjid dengan dua lantai yang akan memisahkan undang pria dan wanita yang ana dan calon suami undang kelak...hanya sebuah pengajian kecil yang akan digelar bukan pesta besar sungguh makna pernikahan begitu dalam, Semoga ALLah mendekatkan dan semakin mendekatkan orang yang akan mendampingi ana

 Rika Oktiati - Pontianak
Saya setuju dengan pernikahan yang sederhana. Sayang sekali uang yang dimiliki hanya untuk dihabiskan dalam sehari. Alangkah lebih baiknya jika uang tabungan yang mereka miliki digunakan untuk kehidupan pasangan tersebut dikemudian hari.

 Q-Ra - TUBAN
Pernikahan yang meWAH hanya untuk mendapatkan pujian "WAH" dari seseorang sepertinya cuma sekedar untuk kebahagiaan hari itu juga.Sedangkan hidup kita dengan pasangan kita tidak hanya pada saat hari itu juga.Masih panjang jalan yang harus kita tempuh, dan masih banyak harapan yang akan kita impikan berdua.Pernikahan yang sederhana merupakan pilihan sempurna.InsyaAllah saya dan pasangan saya merencanakan pernikahan sederhana saja tahun ini.

 dina - jakarta
Ass...
Jika Allah meridhoi, tahun ini kami akan menikah,
semoga dapat memenuhi perintah-Nya
amin

 azev - bandung
insya4wl.. bila kita menikah bertujuanuntuk mendapatkan ridho Allah maka tak usah boroskan biaya yang tidak seharusnya... alangkah bijaknya apabila kita mengunakan biaya sebijaksana mungkin... Allah maha bijaksana.... bukankah kehidmatan dan kebahagian dari semuanya yang kita inginkan... menikah itu ibadah....

 imas - Jakarta
Saya akan menikah di tahun ini bulan April akhir di Bandung, tapi acara resepsi di Jakarta Bulan Mei awal. Saya bingung nanti setelah akad nikan selang 7 hari ke acara resepsi apakah saya harus tinggal langsung ikut suami atau masih di rumah orang tua? mohon petunjuk. Thx

 umi - jaksel
asslmkm wr.wb
ukht.. ana sgt mrndkn prnkhn, krn hati ni mrs tng krn srng mlht wlmhn tmn2 ana yg sdrhana, ana jg sdh mmpnyai rncan tuk mnkh tp kndlnya klwrga bsr ana ingn ana memp.pkrjaan ttp. trlbh dhulu, pdhl ada lk2 yg sdh ingn mlmr ana.. ukthfillah doakan ana smga dmdhkan..insyaallah

 riri - jakarta
assalamualaikum wr.wb
insyaallah aku akan menikah tahun ini, tapi ko calon suami ku nyantai2 saja padahal kami belum menemukan hari/tanggal untuk hari H nya... dia sangat memberatkan pekerjaanya, jika waktu di tentukan setlah selesai pekerjaannya kapan kita menentukan waktu yang tepat.. mohon arahan...

 Solikhin - Exact - Pondok Gede
Subhanallah... begitulah pernikahan dengan di dasarkan pada ibadah dan kesederhanaan yang di contohkan Rasullulah. Saya sangat mendambakan pernikahan yang seperti itu, walaupun saya telah mampu dalam segi finansial. Apalagi, menurut temen ane DIA pinginnya nikah secara sederhana. Tapi, nikahnya kapan yah....??? he.... doain ajah yah smoga kesabaran slalu di curahkan oleh Allah Subhanahuwataala ama ane dan Si DIA...Amiiin...

 hanny - jaktim
Assalamualikum Wr Wb. Subnallah aq pribadi jg ingin menikah secara sederhana gak usah tampak wah yg penting suci,apa adanya,tdk berlebihan n langgeng sampai maut memisahkan. Doakan aq ya saudara2 n temen2 semua agar harapan utk menikah tahun ini dengan calonku terlaksana dgn lancar. Amien..Wassalam

 zahidah - jkt
subhanllah jdi pengen cepat2 nikah.. he........

 www.ibdi.co.cc - cirebon
Aku minta do'anya, aku juga pengen nikah. Menikahlah, hatimu akan tentram. Kunjungi web aku juga di http://www.ibdi.co.cc

 sitha - indonesia jogja
terharu membaca artkelnya... ingin juga seperti artikel perkawinan yang sederhana tp sedih juga keinginan kita calon pengantin kadang gak bisa dilaksanakan, karna orang tua menginginkan perkawinan yang mewah dengan alasan menjaga martabat dan nama. Sedih .... kenapa harus seperti itu ya? sedih....

 Roy Suyadi - cimahi
Assalamua'laikum...??Mohon dukung Do'anya ya bwt semuanya,Insya ALLAH Ikhwan Yang satu Ini mau Nikah sebelu bulan Ramadhan,,,Aamiin..Hatur Nuhun

 maup - jakarta
bulan kemarin sy menghadiri akad nikah salah seorang saudara, akad nikah wan walimah yg begitu sederhana tapi menurut sy penuh berkah krn hanya di isi dengan tausiyah dan doa. sejak saat itu sy selalu berharap nantinya sy bs menikah dgn style yg penuh berkah spt itu

 Sulthan MaLiK - Arizona, Jambi
Assalamu'alaykum...

Allah SWT telah menjatuhkan satu bidadari kepadaku...
Tidak banyak yang ia tuntut...

Ya Allah berkahilah pernikahanku nanti... buatlah para tamu yang hadir ikut tersenyum bahagia.. Aamiin...

Situs ini akan menjadi langganan aku dan istri kelak ketika Ijab Kabul terlaksan..

Ya Allah ridhoi kami

Jazakallah u/ webmaster site ini :)

 rachma - bandung
Ya Allah, semoga tahun depan kami bisa meyempurnakan ibadah kami...hamba yakin semua tidak harus meriah...hanya memohon ridho & rachmatMu agar semua berjalan sesuai syariat dan khidmat...Amin

 santi - Jakarta
Menikah adalah bentuk rasa yang Telah Alloh ciptakan tok manusia berpasang2an.dan aku ingin pernikahan bisa menjadi bentuk rasa syukur kita kepada Alloh,karena dangan menikah kita bisa terhindar dari Ber-Zinah

 

Nyumbang komentar ?

Nama

Email

Untuk photo silahkan register di gravatar

Domisili

Komentar

:

 

 :  CAPTCHA Image

 

 :    Reload Image

Artikel sebelumnya ....

 Rahasia Dibalik Perkawinan Nabi Muhammad Saw

 Ukhti, Yakinlah Jodohmu Kan Datang

 Cari Jodoh

 Pesan Untuk Para Calon Istri

 Menikahlah Dengan Wanita Yang Berkah, Karena Sholihah Tak Cukup

 Kisah Nyata: Aku Datang Maisya

 Menyatakan Langsung Ke Gadis Dan Pacaran, Bolehkah?

 Melajang Di Usia 30-an, Betulkah Sebuah Pilihan?

 Aku Lebih Cinta Matiiiii… Daripada Kamu!!

 Jika Kamu ...




~ Website-nya cerpen & artikel pernikahan islami serta pacaran islami (emang ada?) ~

Hak cipta selamanya oleh Allah © Subhanahu wa Ta'ala

Semua materi dapat disalin, dicetak dan disebarkan (syukur-syukur ...) dengan mencantumkan sumber situs web ini

Pujian, masukan, krititikan, cacian, hujatan : aa_aanang [at] yahoo [dot] com

Sponsored by : citra-indah.com - citraindahbogor.com - citragranciptra.com Kota Nuansa Alam Timur Cibubur Rumah Idaman Mulai 93 Juta